Kamis, 05 Juni 2008

Ok… lanjut lagi pembicaraan tentang ebook ini. Kali ini saya akan sedikit mencoba memaparkan kelebihan dan kelemahan dari ebook ini…

Kelebihannya :

  1. Ebook ini dapat dibuat oleh siapa saja, baik yang sudah ahli maupun bagi seorang pemula.
  2. Tulisan yang kita buat dapat edarkan tanpa harus ada campur tangan dari perusahaan penerbit.
  3. Karena ebook merupakan media pengetahuan yang tak ubahnya sebuah buku, maka dapat pula kita jadikan sumber pendapatan.
  4. kita dapat menyimpan ebook ini dalam media penyimpanan data, seperti flashdisk, hardisk, maupun cd. Sehingga memudahkan kita untuk membawa ebook-ebook tersebut.
  5. Jika ebook merupakan salah satu usaha yang kita geluti, dan dalam pendistribusiannya kita tidak perlu mengeluarkan biaya pengirimannya apalagi yang namanya prangko itu tidak dibutuhkan lagi, akan tetapi kita melakukan pengiriman barang melalui media internet.
  6. Mudah untuk menduplikatkannya
  7. Awet. Ya… ebook tidak akan pernah kena hama atau serangga yang bisa membuatnya lapuk karena tersimpan dalam format digital.

Kelemahannya :

  1. Ditinjau dari segi kualitasnya, ebook belum tentu mempunyai kualitas dari tulisan atau pengetahuan yang ada didalamnya, karena tidak adanya kontrol dari para penerbit layaknya suatu buku.
  2. Memerlukan computer atau yang semacamnya untuk mengakses atau membacanya. Dan belum tentu semua orang yang akan membacanya mempunyai perangkat lunak (software) yang dapat membuka ebook tersebut.
  3. Data tersebut bisa rusak bahkan hilang, akibat dari virus computer.
  4. Mayoritas orang yang membacanya akan merasa kurang nyaman, karena mereka harus membacanya di depan computer yang nantinya bisa membuat mata cepat lelah.

Itulah tadi sebagian dari kelebihan dan kelemahan dari produk ebook.

Semoga informasi banyak membantu anda untuk mengenal lebih jauh tentang ebook. Kita ketemu lagi, saya akan sedikit informasi tentang software yang akan digunakan dalam pembuatan sebuah ebook dan pembuatan dari cover nya..

Tidak ada komentar: